Cara Kami Menutup Tahun 2009


.:SELAMAT TAHUN BARU 2010:.

Apa yang telah kalian lakukan pada pergantian tahun kemarin? Jalan keluar kota? Atau pesta bakar-bakaran di rumah saja? Saya kira dimana dan kemanapun anda merayakannya pasti sangat menggembirakan, ya kan?

Kebetulan saya dan keluarga menghabiskannya di rumah saja. Seperti biasa. Karena untuk keluar kota sayang biaya, mo jalan-jalan di dalam kota saja sayang keluarga alias kami nggak kuat dengan bau knalpot.

Walau di rumah saja, kami membuat pesta kecil-kecilan. Sengaja saya memasak hidangan makan malam istimewa untuk keluarga kecil saya yaitu Ribs Barbeque with Mushroom Sauce.

Terus terang resep tersebut saya dapat dari majalah Nova edisi minggu terakhir bulan Desember 2009. Saya pun senang sekali nemu resep istimewa dan mudah ini. Mudah dalam artian bahan-bahannya relatif ramah dapur atau mudah didapat dan cara masaknyapun hanya butuh wajan untuk memanggang dan bukan yang butuh oven atau microwave. Karena kami belum punya kedua barang tersebut :).

Eh adzan subuh. Saya ke masjid dulu deh. Tunggu sebentar ya! Setelah ini saya kasih resepnya.

Resep Ribs BBQ with Mushroom Sauce

Siapkan bahan di bawah ini:

  • 500 g iga sapi. diiris tipis (kalo beli di pasar minta dipotongin sesuai selera)
  • 3 sdm saus barbeque Demonte (cari di super market ya!)
  • 1 sdm saus tiram (saya beli yang sachet aja. Kan jarang make 🙂 )
  • 3 sdm bawang bombai parut. (Awas! matanya pedes banget klo marut bawang bombai, hu hu hu)
  • 3 siung bawang putih parut
  • 1 sdt merica hitam tumbuk kasar
  • 1 sdm minyak goreng

Untuk bahan sausnya sebagai berikut:

  • 2 sdm tepung terigu
  • 200 ml susu cair
  • 50 g jamur kancing segar, iris tipis. (Kemarin saya salah beli jamur merang. Tapi tetep enak kok. Lain kali pengen pake jamur kancing beneran. Adanya di super market juga)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

Begini cara masaknya:

  1. Rendam iga sapi bersama saus barbeque Delmonte dan bahan lain selama 1 jam.
  2. Panaskan wajan, panggang iga hingga matang. Angkat.
  3. Saus jamur: Panaskan wajan bekas memanggang ikan. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tambahkan sisa bahan. Aduk hingga saus kental, angkat.
  4. Sajikan iga BBQ dengan saus jamur.

Tips:

  • Agar dagingnya cepet empuk, pakai daging baru ya. Jangan daging kemaren. Tapi sebelumnya setelah di cuci bersih masukkan kedalam lemari es dulu biar layu.
  • Kemarin wajan habis manggang saya bersihkan dulu karena bumbunya jadi gosong lalu saya panaskan dan masukkan bumbu sisa merendam iga lalu dicampur dengan bahan saus.
  • Sebaiknya segera dihidangkan, karena paling enak klo iganya masih anget. Juga sausnya cepet mengras kalo terlalu lama didiamkan. Entah kalo penyajiannya di atas hot plate.

Pelengkap

Di dalam resep cara menghidangkannya dilengkapi dengan French fries, selada dan tomat. Karena tidak pake nasi, saya pun  menambahkan rebusan potongan-potongan kecil wortel dan jagung manis yang sudah saya sisir. Soalnya saya takut nanti nggak kenyang hehe. Untuk seladanya saya manfaatkan selada kepala sisa buat burger kemarin.

French fries buatan sendiri

Untuk French friesnya saya bikin sendiri lho. Bukan pakai yang sudah instan yang biasa dijual di super market yang tinggal digoreng itu, Rasanya nggak kalah enak kok. Malah asinnya pas soalnya tanpa MSG trus garingnya juga lebih tahan lama. Begini caranya:

Pilih kentang yang bentuknya panjang-panjang. Kupas dan cuci sampai bersih. Setelah itu potong-potong memanjang seukuran finger food, seukuran french fries lah pokoknya. Kemudian rendam dalam air garam selama 1 jam.

Kentangnya jadi lemes eh. Trus tiriskan sampai setiris tirisnya. Kemudian taburi tepung beras sedikit, aduk aduk pake tangan sampai rata.

Untuk menggorengnya, panaskan wajan dan minyak goreng yang banyak. Bener-bener panas loh ya minyaknya. Kentang yang digoreng harus terendam sepenuhnya. Goreng sampai kecokelatan. Angkat dan tiriskan deh. Kentangpun tinggal dinikmati.

Makan malam tahun baru yang indah

Selepas Isya, Ayah dan Sofia yang pulang dari masjid langsung duduk dimeja makan yang sudah saya siapkan. Dan kamipun menikmati makan malam tahun baru ini dengan penuh kebahagian dan kejutan rasa.

Yang bikin bahagia, Sofia suka sekali dengan kentang goreng dan sayurnya. Kalo dagingnya, awalnya dia mau saya kasih kecil-kecil beberapa kali suap. Tapi setelah kami bujuk untuk ngincipin sausnya juga dia jadinya malah menolak. Katanya rasanya aneh :D. Lucunya pas kita udah selesai makan dan mau keluar ke rumah Mami, ee dia minta diambilin lagi dagingnya. Untung masih sisa satu. Diapun makan berkali-kali. Dan bilang “Sofia sukak”. Dasar bocah hehehe.

Lebih bahagia lagi karena ayah surprise Mama bisa masak kayak gini trus enak. Sampai-sampai ayah nambah terus sausnya hehe. Mama pun dapet berkali kali “sun” dari Ayah trus Sofi juga berkali-kali bilang. “Sofia sukak”, “Makanannya enak”, “Mama pinter masak ya Yah?”, juga “Makasih ya Maa… udah masakin Sofia makanan enak”. Duhhhh anakku… indahnya dunia ibumu 🙂

Dengan perut kekenyangan, kami keluar ke rumah Mami yang lagi bakar-bakar ayam dan jagung serta pesta duren dengan tetangga-tetangganya. Tapi cuma sebentar karena Sofia pengen kembang api. Dia nggak sabar pengen liat kembang api yang sesekali menyala dikejauhan. Padahal masih jam 10 malam.

Akhirnya jam 11 malam kami pun pulang ke rumah setelah nggak dapet kembang api permintaan Sofia. Gimana mau dapet? Ngelihat jalan ramainya minta ampun kami nggak jadi ke jalan raya.

Kamipun siap-siap tidur. Waktu detik-detik pergantian tahun datang, suara petasan dan kembang api bersahut-sahutan memekakkan telinga. Begitupun tetangga-tetangga kami semuanya ramai keluar rumah. Tapi Sofia tidak bergeming sementara saya sedikit kesal, terbangun dan sangat ngantuk tapi kuping kebrebegan jadi nggak bisa nyenyak hehe.

Begitulah kami menghabiskan akhir tahun 2009. Semoga di tahun 2010 ini kesehatan dan keselamatan selalu menyertai kami sekeluarga dan Allah senantiasa merahmati keluarga kecil kami ini. Amien ya Allah.


2 tanggapan untuk “Cara Kami Menutup Tahun 2009”

Tinggalkan Balasan