Backpacking Pertama


Backpacking, apa itu backpacking?

Yang saya tahu, backpacking adalah jalan keliling dunia (lain dengan turis) dengan biaya murah. Termasuk memakai alat transportasi murah, penginapan kelas bawah bahkan nginep di stasiun dan terminal, dan makan makanan rakyat. Mereka melakukan itu tak lain dan tak bukan adalah untuk menyatu dengan masyarakat tempat dimana kaki mereka menginjak.

Namun backpacking yang akan saya jalani ini sebatas jalan ke negara tetangga tanpa bantuan agen perjalanan dan atas biaya sendiri. Sehingga segala bentuk pesan memesan tiket transportasi sampai tempat penginapan kami sendiri yang mencari dan menentukannya. Untuk penginapan, kami belum sampai yang hanya tidur di stasiun atau terminal. Melainkan di penginapan bertarif agak rendah. Kan masih latihan? Tapi sapa tahu ada kenalan yang bersedia menampung kami, hal itu akan lebih ngirit lagi bahahaa (ngarep.com).

Transportasi juga. Kami tidak memesan pesawat ataupun kereta kelas satu (yang jelas gak ada duitnya). Pokoknya yang murahlah hehehe. Yang penting (saya) bisa menghirup oksigen diluar negara Indonesia dan merasakan atmosfir yang berbeda.

Kebebasan menentukan pilihan kemana kaki menjejak tanpa dibatasi “waktu” yang ditentukan adalah kenikmatan yang kami cari. Sebatas percobaan, kami telah mempraktekkan model perjalanan tersebut di Bali. Namun karena membawa Sofi yang belum genap berusia 2 tahun, hanya kenikmatan yang terbatas yang kami rasakan. Walau begitu model perjalanan seperti itu membuat saya dan suami ketagihan :).

Backpacking bukan hal baru. Pun bagi saya. Tapi baru kali ini saya akan menjalaninya. Sehingga saya sangat antusias untuk menulisnya disini. Dan rencana rute perjalanan saya kali ini adalah jakarta-batam-singapura-malaysia-thailand.

Bagi saya, tidak ada alasan untuk melarang seorang ibu rumah tangga beranak satu, belum punya rumah, kendaraan cuma motor honda bebek dan sekolah belum kelar, untuk keliling (dunia) negara tetangga. Bisa dibilang, keinginan saya dan suami klop. Dan semua itu adalah sebuah pilihan. Punya rumah komplit dengan mobil dulu baru mikirin jalan-jalan atau memilih seperti kami :). Kami memang keluarga suka-suka hehehe. Suka kemana-mana dan suka hidup dimana saja. Fleksibel. Apalagi bersuamikan seorang freelancer, sehingga kami harus rajin menabung dan pintar-pintar mengatur keuangan.

Saya ingin tulisan pengalaman kami ini bisa membantu teman-teman yang ingin mencoba berbackpacking juga. Untuk itu saya akan menuliskannya sedetil mungkin. Termasuk harga-harga. Bukan untuk pamer tapi untuk memberikan informasi yang nyata bagi anda. Dan saya senang jika ada yang berguna bagi anda. Apalagi sampai mempengaruhi anda untuk berbackpacking juga :). Bukankah dalam Alquran ada yang disebutkan,”betebaranlah engkau dimuka bumi untuk mencari rahmatNya.” (kurang lebih begitu deh :D) Karena dengan menyaksikan beragam ciptaan Tuhan (tak hanya pelangi) kadar keimanan kita juga bisa bertambah. Bukan begitu bukan? 🙂

Walaupun anda-anda bisa mencari informasi lewat buku-buku, situs-situs, pengalaman-pengalaman orang dan sumber-sumber lainnya yang lebih lengkap. Setidaknya saya sekalian menyimpan pengalaman itu disini. Dan Semoga saya bisa menjejakkan kaki saya ke lebih banyak tempat di muka bumi yang bulat ini (sedang bermimpi), amien Insya Allah.


Tinggalkan Balasan