Backpacking#1 Singapura

Wohoo!
Senangnya bisa langsung update blog dari Singapura. Soalnya, hostel tempat kami menginap menyediakan layanan gratis internet. Ada Wifi juga lagi. So iPod touch saya pun kepake juga :D.

Luar biasa!
Akhirnya wong ndeso ini keluar juga dari negerinya, bahaha! Ternyata untuk bisa ke negara tetangga tak harus mengeluarkan uang banyak. Toh kita bisa membayar lebih murah. Pengen tahu? Ikuti cerita saya berikut dan rinciannya.

Kami berangkat dari rumah (Ciputat) berempat ke Bandara Soekarno Hatta naik Taksi. Ongkosnya cuma Rp110.000,-. Karena kami lewat belakang (baca: Serpong), toh lebih dekat dari Ciputat. Kami adalah saya, Suami, kakak dan suaminya.

Sampai di bandara, kami menuju terminal 3. Terminal baru di Soekarno Hatta. Lumayan bagus sih. Dengan atap yang lebih terbuka, sehingga cahaya matahari bisa bebas masuk. Setelah chek in kami memutuskan membeli makan siang dahulu walaupun waktu baru menunjukkan pukul 10.00 AM. Lumayan ada beberapa pilihan makanan di sana. Dan kami pun memilih Bakmi GM.

Dengan jadwal keberangkatan pukul 11.30 AM, Air Asia menepati janjinya dengan terbang tepat waktu. Dan kami mencapai bandar udara Hang Nadim Batam pukul 13.00 PM. Ternyata Airasia sekarang pakai nomor tempat duduk yang diurutkan sesuai waktu chek in. Jadinya kita nggak keroyokan lagi masuk pesawat. Baguuusss.. ^ ^

Sesampainya di Batam kamipun segera mencari mushola. Sholat dhuhur + jamak ta’dhim sholat ashar :). Habis itu suami membeli tiket fery tujuan Singapura. Kami memilih Penguin. Disini kami mendapatkan harga S$16. Beli tiket fery di sini lebih murah S$1 dibanding membelinya di Pelabuhan. Berarti dipelabuhan kita harus membayarnya S$17. Aneh ya?

Tapi lucunya di pelabuhan kami harus membayar pajak pelabuhan atau harbour tax sebesar S$7. Padahal di kertasnya tercantum jelas-jelas S$6. Kami tahunya setelah mengeceknya beberapa saat kemudian.

Untuk menyeberang ke Singapura, kami tidak kena fiskal. Karena suami sudah punya NPWP demikian juga suami kakak saya, Mas Deni. Sehingga kami hanya diminta menunjukkan passport dan menyerahkan foto kopi Kartu Keluarga, dan foto kopi NPWP suami. Setelah itu kami bisa chek in.

Waktu nunggu uang kembalian beli minuman di pelabuhan Batam, saya dikasih tahu seseorang yang tadi mendengar pembicaraan saya dengan suami tentang tuker uang ke money changer. Kata dia kalau mau tukar uang dari dolar ke rupiah mending di Batam saja. Karena kalau tukar di Singapura, mereka suka curang. Kami akan dikasih uang-uang lama yang disini udah gak laku. Tapi benar atau tidaknya sih saya tidak tahu.

Kami menunggu keberangkatan fery Penguin yang pukul 15.10PM. Jam Tiga kurang lima menit kami diminta boarding ke dalam fery. Beberapa saat kemudian kapal pun berangkat. Menyenangkan juga ya naik fery kecil seperti ini. Saya dulu pernah naik fery juga ke Bakahuni, Lampung. Tapi yang besar.

Sempat deg-degan waktu kapal mulai mendekati Singapura. Soalnya kapal kita sempat digiring oleh polisi laut Singapura. Mereka menunjuk-nunjuk ke arah kapal kami agar mengikuti arah yang mereka tunjuk. Yang bikin serem adalah senapan laras panjang yang dikongkang tepat ke arah kami. ^ ^ Tapi untungnya gak ada masalah. Dan kamipun mencapai pelabuhan Harbourfront pukul 05.00PM waktu Singapura. Karena waktu di sini lebih cepat satu jam dibandingkan dengan Batam dan Jakarta, berarti di Jakarta masih pukul 4 sore.

Photo photo?? Pastinya. Tak terlewatkan sejak kami mencapai pelabuhan Batam. Setelah photo lagi, kami mencari stasiun MRT. Tapi kami mau ke toilet dulu. Kebelet pipis hehehe… Saya melempar guyonan ke yang lain. “Wah masa sih aku akhirnya pipis di Singapura?!” Hahaha.. Saya juga posting di twitter kurang lebih begitu. Soalnya saya semacam kayak gak percaya, gitu. He he he.

Dan begitulah, akhirnya saya melangkahkan kaki di negara orang :). Tak lupa saya berucap syukur Alhamdulillah, karena sesuatu yang dulu sepertinya mustahil ternyata sekarang terlaksana.

Heff.. Masih pengen nulis sih. Tapii pengen istirahat juga. Soalnya besok pagi-pagi saya mau mengeksplorasi Singapura lagi. Ceritanya lanjut besok-besok lagi yah.. Udah jam 12.31 malam waktu Singapura neh. Nite nite!!

PS: Foto-fotonya nyusul yah!

5 responses to “Backpacking#1 Singapura

  1. Bob

    jadi total S$23 untuk sekali jalan ? diambil sidik jari juga waktu tiba @ HF ? nginep dimana nih ?

    • Dear Bob,

      Maaf telat bales. Ya begitulah S$23.
      Kemarin kita sih gak pake diambil sidik jari dan saya juga nggak tahu pake diambil gak yang sebelum dan sesudah saya 🙂
      Untuk info nginep selengkapnya silahkan cek disini

      Salam,
      Yani

  2. Bob

    Ok, keep updated ya….nice blog !

  3. Ein

    Hallo mbaaa aku bru mw k ln loh ! Mw k thai
    Byar fiskl brpa ya ? Passport jg d byr d bndra ??
    Jd stlah check in bru byr fiskal atw gmn mba ?? Thannks

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: