Bihun Goreng

Aduh mak mak, ngomonginnya akhirnya nggak jauh juga dari urusan dapur.
Untuk resep pertama disini saya mo bagi resep bihun goreng versi saya
😀 soalnya nggak sesuai dengan versi resep di bungkus bihunnya hehe.

Untuk perbandingan, saya kasih tahu dulu resep aslinya berikut ini:

  • 1 bungkus bihun netto 220 g
  • 1 ons udang kupas
  • 1/2 ons kapri
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang seledri
  • 3 sendok kecap asin
  • 150 cc kaldu ayam
  • 1 1/4 ons daging ayam potong tipis
  • 4 batang daun bawang
  • 8 batang caisim
  • 1 sendok kecap manis
  • merica, garam, vetsin, minyak goreng secukupnya


Bahan-bahan versi saya:

  • 1 bungkus bihun netto 220g
  • 250 gram udang kupas (karena di warung mbak pon jualnya 1/2 kg an)
  • nggak pake kapri (diwarung lagi kosong)
  • 4 siung bawang putih (tambahin satu biar sedap 😀 )
  • 2 batang seledri
  • gak pake kecap asin (gak punya n di warung susah)
  • 150 cc kaldu ayam
  • beli satu paha di potong tiga direbus dua trus air kaldunya di pake 150cc diatas lalu dagingnya diiris tipis-tipis
  • 2 batang daun bawang (nggak suka banyak-banyak daun bawang)
  • di warung caisim kosong saya ganti dengan sawi hijau 2 rumpun
  • 3 sendok kecap manis ABC soalnya gak punya kecap asin hehehe.
  • seperempat sendok teh merica bubuk; garam secukupnya; anti vetsin; margarin untuk gantiin minyak goreng.
  • NB: Saya tambahin baso sapi 4 butir dipotong tipis tipis.

Cara memasak:

  1. Masukkan
    bihun kedalam air mendidih, setelah 1 menit tiriskan sampai dingin;
    biarkan dingin dulu dan baru boleh diproses selanjutnya.
  2. Irisan bawang putih dan daun bawang ditumis dengan margarin secukupnya.
  3. Setelah 1/2 matang, masukkan merica garam, vetsin, kecap asin/manis; diaduk aduk sampai merata.
  4. Tuangkan kuah ayam, bakso, pangsit juga boleh, dsb menurut selera masing-masing.
  5. Masak hingga mendidih, lalu
  6. Masukkan sayuran.
  7. Setelah sayuran 1/2 matang, masukkan bihunnya dan aduk berlahan-lahan hingga merata.
  8. Jangan lupa sajikan dengan bawang goreng yang gurih itu 🙂
  9. Terakhir, lebih nikmat dimakan saat masih panas mmm yummyyy!

Nah,
voila!! inilah hasil masakan saya. Saya sajikan untuk sarapan anak dan
suami saya. Komentar suami, enak! serius emang enak bukan karena mo
nyenengin saya lho hehe buktinya pas makan siang dan malam masih nyari
juga >:D<
Bihun_goreng__2

Tak lupa saya tambahkan kering tempe, karena suami saya senang dengan makanan kering-kering (khas e arek jawa timur) hehehe.
Bihun_goreng_2

Karena
satu bungkus itu jadi banyak banget, Akhirnya tetanggapun kebagian 😀
Well,, selamat mencoba resep bihun goreng versi saya :D.

3 responses to “Bihun Goreng

  1. akan saya suruh uji coba oleh istri saya sudah dicatet tinggal di pragakan rasa nya sama nga ya dengan di foto nya…tp kebetulan nga ada udang nya..ganti nya sosis aja hehehe….

    blog istriku :
    bumbumasakan.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: