Tag: EPA

  • Disiplin dengan Kasih Sayang (1)

    Ini fav ortu yg susah ngatur anaknya: (bag 1) #parenting #ortu+anak bikin aturan bersama&sepakati bersama. #tegas #tegar #konsisten Sofi sepakat dpt jatah nonton tv/maen iPad 2x dlm sehari: 30menit stlh maksi pulang sekolah & 30-45menit stlh makan malam. Kami sdh lama memberlakukan aturan itu, jd kalo dia lg maen/nonton tiba2 alarm bunyi tanda waktu habis, […]

  • Ingat INI sebelum Menghukum Anak Kita!!

    Ini yang harus semua orang tua INGAT sebelum buru2 mengHUKUM buah hatinya: 1. Sambungan otak anak2 itu belum sempurna. mereka mo dipukul pake tongkat bisbol pun takkan membuat mereka bisa mikir otomatis kalo bertingkah gini tuh salah. Mereka merasakan EMOSInya langsung berAKSI tanpa PIKIR panjang (EAP). Jd kalo si anak sedang berEAP, ortu pasti EMOSI […]

  • Sofia Bahagia punya Mama ini ^_^

    Nggak sabar untuk berbagi cerita ini: Di meja makan pas makan malem. Sofia: mama aku ga mau lagi! Asin! *nglemparin tempenya yg tinggal tiga gigitan ke piring* Me: *buset! dia lempar masakan gue! pdhal tadi dia belang enak banget! mikirrrrr* eeehh maaf ya Sofia, Sofi harus menghabiskan tempenya. *dengan suara datar sambil saya serahkan lg […]

  • Anak Langsung Budek Kalau Ortu Marah-Marah

    Anak2 itu sistem kerjanya: EAP (Emosi – Aksi – Pikiran). Sbg ortu kita harus menggunakan sistem EPA (Emosi – Pikiran – Aksi). Kalau orang tua (kami ber2 & ortu2 lainnya) suka marah-marah atau bertindak negatif lainnya dalam menghadapi tingkah polah anaknya, berarti ortu tsb bertindak spt anak kecil. Makanya kita sering stress sendiri menghadapi anak […]