Donat (Kentang) Kampung

Asal mulanya saya terkena donut attack nya mbak Ienas yang terdengar sangat enak itu. Ternyata beliau juga terkena attack duluan dari mbak Dita :D. Lalu beliau memposting resepnya di Facebook. Biar teman-teman juga bisa mempraktekkan, seperti ame Ina dan djeng Winnie yang sudah menunggu-nunggu resep ini, silahkan simak bahan yang diperlukan dan cara membuatnya ya ibu-ibu…! Guampang kok 🙂

Bahan:

  • 500 gr terigu protein tinggi (Cakra Kembar atau Segi Tiga Biru)
  • 50 gr susu bubuk (karena anak saya susunya UHT, saya beli dancow sachetan 2)
  • 100 gr gula kastor (saya pakai gula biasa di blender pake chopernya. Beli kastor di supermarket eh anak bapak pada batuk 🙁 )
  • 75 gr mentega
  • 3 kuning telur
  • 2 sdt ragi instan
  • 225 m air hangat

Cara Memasak:

1. Campurkan semua bahan, ulenin sampe kalis kalo bisa pake sarung tangan plastik. Pernah saya mixer eh adonannya malah naik dan masuk ke lubang mixer 🙁
2. Diamkan kurang lebih 30-45 menit hingga mengembang
3. Tipiskan adonan, kurang lebih 1 cm, cetak dengan cetakan donat
4. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang.
5. Dinginkan sebelum dikasih topping (nggak pakai topping pun sudah enak kata mbak Ienas, emang bener sih 😀 )

Donat Kampung

Kalau pengen pake kentang, saya pake terigu 300 gram saja. Trus kentangnya 2 berukuran sedang. Kupas trus dikukus. Lalu dicampur semua adonan seperti cara di atas. Tapi kalo pake kentang airnya saya kurangi. Jadi dituangin air sedikit demi sedikit sampai kalisnya cukup. Soalnya kentang juga mengandung air sih.

Hasil dari Memakai Cetakan

Waktu nyetak pake cetakan donat, mending dibawah adonan yang udah siap cetak ditaburi terigu deh. Jadinya enggak nempel di alasnya. Tapi pertama bikin dan belum punya cetakan, saya bikin manual sendiri saja. Lagian Sofi juga suka sekali ikut-ikutan ngumek-umek bikin bentuk aneh-aneh hehehe.

Saran dari mbak Farida, orang yang ngasih saya cetakan donat hehehe, margarinnya bisa diganti dengan unsalted butter. Lebih lembut katanya. Saya sih belum pernah nyoba. Soalnya baru beli butter kemarenan buat bikin puding roti :D.

Berbagai Bentuk Donat Panggang Jadi Roti 🙂

Ohya, tergoda dengan mbak Dita yang memanggang donatnya, bukan digoreng jadi terdengar lebih sehat, saya pun mencoba memanggang pada proyek donat ke tiga. Hasilnya rasanya kayak roti hahaha. Malah jadi roti deh. Menurut saya enakan digoreng.

Memanggang Donat

Untuk toppingnya, saya kasih ceres dan keju parut. Soalnya cuma itu yang punya. Ohya, sebelum dihias, olesi dulu atasnya dengan margarin ya!

Eh ya, bikin donat ini sekali jadi numanin lohhh alian bikin ketagihan,,, habis enak sih buat camilan sore-sore sambil ngeteh. Pokoknya gak pake toping atau gula halus alias polos-polos aja tetep enak kok 😀

Ayo ame Ina dan djeng Winnie, segera praktekkan! hehehe….

Tentang Yani

Seorang ibu rumah tangga, mengasuh anak belajar di rumah (homeschooling).

Langganan via Email

Bergabung dengan 58 pelanggan lain

%d blogger menyukai ini: